Sabtu, 20 Juli 2013

CARA Bermain Ps2 Slim Pake Flashdisk

CARA Bermain Ps2 Slim Pake Flashdisk

Ga nyangka juga ternyata catatan-ku yang berjudulMain PS2 Menggunakan Flashdisk mendapat respon yang cukup bagus bahkan menjadi salah satu catatan favorit. Dan karena cukup banyak permintaan untuk menuliskan langkah-langkah instalasi agar bisa main PS2 menggunakan flashdisk, maka kali ini aku akan catatkan tutorial main PS2 menggunakan flashdisk.

Sebenernya catatan tutorial main PS2 menggunakan flashdisk ini penulisan ulang dari tutorial di blog ini, yang aku coba tulis ulang dengan lebih rapi dan mudah dimengerti. Tutorial ini berhasil diterapkan pada konsol PS2 Slim SCPH-77000 milikku dan mudah-mudahan bisa diterapkan oleh kawan-kawan yang memiliki konsol yang sama.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:
  1. Flashdisk kapasitas minimal 4GB, lebih besar lebih baik.
  2. Kaset CD blank + CD/DVD burner untuk mem-burn aplikasi ke CD
  3. Paket aplikasi untuk instalasi yang bisa di download antara lain: uLE v4.38 boot CD ISOatau uLE v4.38 boot DVD ISOELF_PSU.rar
  4. Memory Card PS2 (MC) yang sudah dikosongkan terlebih dahulu
Pertama, format flashdisk melalui PC dengan format FAT32.
Ekstrak ELF_PSU.rar dan pindahkan semua file dan foldernya ke dalam flashdisk.

Kedua, ekstrak 'uLE v4.38 boot CD ISO.zip' atau 'uLE v4.38 boot DVD ISO.zip' (pilih salah satu) untuk mendapatkan file ISO. Burn file ISO tersebut ke kaset CD atau DVD blank yang sudah kawan sediakan, disesuaikan jenis ISO nya CD atau DVD.

Ketiga, mainkan kaset CD/DCD yang sudah di-burn dengan aplikasi uLE v.38 boot dengan konsol PS2. Sekalian juga flashdisknya dan MC-nya dicolokkan ke konsol PS2. Ada kemungkinan kaset CD/DVD tidak bisa langsung terbaca oleh konsol, jika begitu coba ulangi beberapa kali hingga terbaca atau ganti dengan kaset CD/DVD baru. Jika sudah terbaca maka akan muncul aplikasi uLaunch seperti ini:
Tekan tombol [O] untuk masuk ke FileBrowser. Tombol [O] berfungsi sebagai tombol Enter, sedangkan tombol [X] sebagai tombol Cancel atau Back, dan tombol [R1] sebagai tombol menu.

Pada FileBrowser terdiri dari beberapa folder dengan penjelasan:
mc0:/ → folder memory card slot 1
mc1:/ → folder memory card slot 2
hdd0:/ → folder harddisk eksternal
mass:/ → folder flashdisk

Keempat, masuk ke mass:/ lalu pada file BOOT.psu tekan [R1] dan pilih Copy. Kembali ke menu awal FileBrowser dengan tombol [] dan masuk ke mc0:/ lalu klik [R1] dan pilih PsuPASTE. Kemudian masuk ke mass:/ dan COPY semua file *.ELF lalu PASTE ke mc0:/BOOT (buat dulu folder BOOT dalam mc0:/).

Kelima, masuk ke folder mass:/FreeMcBoot lalu tekan lingkaran [O] pada file FREE MCBOOT.ELF dan kawan akan di bawa ke MC Boot instaler.

Silahkan lakukan 'normal install' (untuk MC yang dimainkan hanya pada satu konsol PS2) atau 'multi version install' (untuk MC yang dimainkan pada banyak konsol PS2 yang berbeda). Tunggu hingga sampai proses finish.

Matikan konsol PS2, copot kaset CD/DVD-nya dan hidupkan kembali konsol PS2 dengan MC tetap tercolok. Jika MC sudah berhasil terinstall FreeMCBoot, maka akan muncul tambahan menu seperti gambar berikut:
Pilih Free McBoot Configurator lalu tekan [X] jika ada kotak keterangan kecil yang muncul. Kemudian pilih Configure OSDSYS options, lalu pilih configure item 1 : ulaunchelf. Tekan [X] lalu sesuaikan dengan settingan berikut:
item 1 settings
name: uLaunchELF → ganti nama sesuai keinginan
path1: mass:/BOOT/BOOT.ELF → MC0:/BOOT/BOOT.ELF
path2: MC?:/BOOT/BOOT.ELF → hapus/clear
path3: MC?:/B?DATA-SYSTEM/BOOT.ELF → hapus/clear
Jika sudah disesuaikan, tekan [] kemudian pilih configure item 1. Tekan tombol kanan stik pada bagian configure item 2 : ESR, lalu tekan [X] atau OK.
Item 2 settings
Name: ESR → Ganti dengan nama OpenPS2Loader
path1: MASS:/BOOT/ESR.ELF → MC0:/BOOT/OPNPS2LD.ELF
path2: MC?:/BOOT/ESR.ELF → hapus/clear
path3: MC?:/B?DATA-SYSTEM/ESR.ELF → hapus/clear

Jika sudah selesai disesuaikan, tekan [] sampai ke menu awal pada free mcBOOT configurator kemudian pilih save CNF to MC0. Reset/restart konsol PS2.

Setelah konsol PS2 restart lalu masuk ke OpenPS2Loader (memory card tetap terpasang). Setelah loading nanti akan muncul halaman dari OPL-nya (berwarna biru background-nya). Pilih settings lalu ganti baris berikut:
USB device start mode off ubah menjadi auto
HDD device start mode off ubah menjadi auto
Kemudian selesai/OK dan pilih 'save changes'.

Sampai disini kawan sudah berhasil memformat MC untuk main PS2 menggunakan flashdisk. Sekarang tinggal mengisi flashdisk dengan game PS2 yang telah kucatat dengan lengkap di catatanku sebelumnya yang berjudul Perbedaan Format Instalasi Game PS2 Di Flashdisk Dan HDDmodifikasi-ps2-main-game-via-flashdisk

Semoga catatanku bermanfaat, dan selamat bermain PS menggunakan falshdisk!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar